Monday, April 21, 2014
Home
Kapan Bulking dan Kapan Cutting? PDF Print E-mail
Written by Mr.Bugar   
Friday, 10 April 2009 09:17
Kapan Bulking Kapan CuttingKetika kita berbicara tentang menambah berat badan sekaligus mempunyai otot yang bebas lemak alias kering, secara tidak sadar kita sudah mencoba dua hal yang bertolak belakang. Tetapi bukan berarti kita tidak bisa mencapainya. Karena sudah ada yang membuktikan sudah bisa menambah berat badan dan juga memiliki otot yang kering.
Mempunyai otot yang besar dan kering adalah tujuan dari banyak orang. Tetapi tiap orang menggunakan cara yang berbeda, dan hasilnya tentu saja berbeda juga.
Ada yang berusaha mencapainya bersamaan, yaitu memperoleh otot yang besar, sekaligus mempunyai otot yang kering. Yang lain lagi, mencobanya tidak bersamaan, tetapi berurutan mulai dari membesarkan otot, kemudian baru dikeringkan dengan menyingkirkan lemak.
Cara yang kedua ini yang banyak digunakan oleh para binaragawan karena paling efektif. Umumnya mereka mempunyai tahapan yang terus berulang yaitu off season dan persiapan kontes. Ketika binaragawan sedang dalam off season, mereka melakukan bulking dengan konsumsi karbohidrat yang tidak dibatasi. Proses ini akan menambahkan otot, tapi juga tambahan lemak pada tubuh mereka.
Beberapa bisa memperoleh tambahan lemak yang tidak terlalu banyak, tetapi ada juga yang saat bulking bisa menimbun lemak banyak. Salah satu yang menggunakan cara ini adalah Lee Priest.
Kemudian ketika masuk pada masa persiapan kontes, mulailah dilakukan cutting menyingkirkan lemak yang ada dan otot yang sudah bertambah selama bulking akan terlihat.
Cara ini juga tepat untuk dilakukan bagi mereka yang ingin menambahkan otot. Sudah pasti jika anda masih pada posisi underweight kemudian melakukan cara bulking – cutting bukan berarti akan dalam waktu singkat akan menjadi seperti binaragawan.
(saya perjelas disini karena banyak yang ketika ingin memperbesar otot juga mengatakan tidak ingin seperti binaragawan).
Berikut ini tipsnya untuk melakukan bulking:
•    Jika anda ingin menambahkan berat 10 kg misalnya, maka tambahkan target 2 kg sebagai cadangan karena sebagian penambahan berat anda adalah lemak.
•    Makan setiap 3-4 jam dengan makanan yang bersih (tidak terlalu banyak lemak)
•    Makan lebih banyak karbohidrat dengan porsi 50% karbohidrat, 30% protein, 20% lemak
•    Gunakan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum whole wheat.
•    Makan sampai 6 kali sehari

Selanjutnya adalah tips untuk cutting:
•    Makan porsi kecil-kecil setiap 2 jam sehari
•    Kurangi karbohidrat dan perbanyak protein dengan porsi 40%, 50% protein, 10% lemak
•    Gunakan dada ayam tanpa kulit, putih telur sebagai sumber proteinnya yang sangat minim lemak
•    Kurangi konsumsi garam
•    Hindari minuman manis

Lakukan langkah-langkah ini, maka anda bisa membentuk tubuh yang anda inginkan. Semakin bersih makanan anda dari fast food, maka semakin mudah langkah-langkah ini dilakukan.
 

Comments  

 
0 #2 setyo wahyudi 2013-05-21 15:27
Buat mas agung.. Saya di sini C̲̅υ̲̣̥М̣̣̥̇̊ά̲ ̣̥ nyaranin aja.. Klo anda latian dada dengan bench press mungkin saja bisa terjadi salah posisi,karena sudah banyak para anak gym yg sering salah posisi pada saat melakukan press chest.. Seperti saya pada saat awal" ikut gym.. Tp lama kelamaan saya tau mana posisi yg tepat,dengan cara merasakan otot mana yg berkontraksi pada saat melakukan gerakan.maaf klo mungkin beda pendapat sama yg lain.terimakasih
Quote
 
 
0 #1 Wan Agung 2013-01-04 07:31
salbug! sya mau tny tips" bwt cutting it reps d perbanyak ato beban yang d perbesar? trus knp ya klo latihan dada, sya bsa mrasakan efeknya d esok hri, yaitu nyeri" d bag dada. tapi klo syap jrang skali bsa trjadi sperti itu. walaupun sya sdh cba menaikkan bban maupun reps yg sya tmbh, tpi sya tdk bsa mrasakan nyeri d bag lats ato pndak sya.. ap it brarti otot tidak berkembang? pdhal wkt latihan syap sya sdh mngangkatnya smpai failure. trims!
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Banner
Banner