Sunday, April 20, 2014
Home
Drop Set Untuk Latihan Kekuatan PDF Print E-mail
Written by Mr.Bugar   
Saturday, 11 April 2009 15:03
Drop Set TrainingDropset merupakan satu teknik yang bagus untuk menjadi teknik latihan anda yang dapat meningkatkan kekuatan. Bagi banyak orang, dropset sangat membantu untuk mereka-mereka yang sudah mentok atau dengan kata lain tidak bisa menaikkan beban lebih tinggi lagi. Tetapi secara khusus, latihan ini memang ditujukan untuk meningkatkan stamina dan kekuatan.
Keuntungan Dropset
Seperti disebutkan tadi, dropset sangat bagus untuk meningkatkan kekuatan. Terutama ini sangat berguna ketika anda mencapai plateau, ini istilah dari mentok. Misalnya, ketika anda berlatih pada awal fitness dulu mulai dari 20 kg. Kemudian sejalan dengan waktu anda bisa terus naik mengangkat beban lebih berat hingga mencapai 50 kg terakhirnya. Tetapi setelah 50 kg, anda sudah tidak bisa menaikkan lagi. Seakan-akan 50 kg sudah menjadi garis batas anda.
Nah, saat itulah dropset menjadi penyelamat anda.
Keuntungan lain dari dropset adalah peningkatan stamina dan latihan yang seperti kardio. Hal ini lebih disebabkan teknik dropset menggunakan waktu istirahat yang minim. Akan lebih jelasnya nanti kita lihat pada Teknik Dropset.
Dasar Dropset
Dasar dari dropset yang mudah sekali diingat adalah mulai dari beban yang paling berat dan kemudian menurunkan berat beban secara bertahap hingga yang paling ringan untuk tiap setnya. Jadi jika anda misalnya menggunakan beban 50 kg untuk Bench Press sebanyak 8 repetisi, kemudian anda turunkan menjadi 45 kg dan melakukan lagi 8 repetisi. Lalu menurunkan lagi 40 kg sebanyak 8 repetisi lagi. Dan terus hingga 20 kg, maka itu yang disebut dropset.
Teknik Dropset
Ketika anda melakukan dropset, satu hal yang akan memakan waktu anda adalah saat menurunkan beban. Karena setiap satu set anda selesai anda perlu menurunkan bebannya. Berikut ini adalah urutan anda melakukan dropset dengan contoh latihan bench press:
1.    Lakukan Bench Press dengan beban yang cukup berat sehingga anda maksimum bisa melakukan 8 repetisi, misalnya 50 kg
2.    Jangan berhenti ketika anda sudah mencapai 8 repetisi, teknik dropset harus dilakukan sampai failure, dengan kata lain, sampai anda tidak kuat mengangkat lagi. Karena itu sangat penting anda ditemani oleh partner atau seorang instruktur fitness
3.    Ketika sudah mencapai titik failure, segera turunkan beban 5 kg dan segera lakukan set berikutnya. Usahakan seminim mungkin istirahatnya. Nah, untuk ini juga sangat bagus anda mempunyai partner yang bisa membantu anda menurunkan beban.
4.    Lanjutkan seperti poin satu lagi untuk beban yang sudah diturunkan tersebut.

Yang Perlu Anda Perhatikan
Ketika melakukan dropset, teknik ini sangat khusus dan perlu diperhatikan terutama untuk poin-poin dibawah ini:
1.    lakukan saja pada latihan terakhir anda karena akan menghabiskan stamina anda, atau bisa saja anda lakukan untuk 4 jenis latihan yang anda lakukan pada hari itu jika anda merasa mampu, tetapi biasanya pada latihan terakhir dropset sudah tidak maksimal.
2.    Sebaiknya tidak melakukan setiap hari, lakukan 3 minggu sekali. Sisanya anda melakukan latihan seperti biasa lagi.
3.    dropset dilakukan sampai titik failure, karena itu sangat dianjurkan untuk memiliki partner atau instruktur yang menjaga anda
Last Updated on Sunday, 12 April 2009 04:06
 

Add comment


Security code
Refresh

Banner
Banner