Wednesday, April 16, 2014
Home  >  Gaya Hidup  >  Gaya Hidup  >  Perencanaan Program Penurunan Berat Badan
Perencanaan Program Penurunan Berat Badan PDF Print E-mail
Written by Mr.Bugar   
Saturday, 02 May 2009 15:41
Perencanaan Program Penurunan Berat BadanJika anda sudah kelebihan 30-50 kilogram berat badan jelas tidak perlu ada orang yang mengatakan ke anda untuk menurunkan berat badan. Pasti anda ingin menurunkan berat badan (kalau bisa permanen malahan). Kemungkinan besar anda sudah mencoba banyak cara untuk menurunkan berat badan mulai dari tidak makan beberapa hari hingga cara yang aneh-aneh yang dibisikkan teman-teman anda. Pertanyaannya sekarang, apakah anda masih punya semangat untuk menurunkan berat badan? Coba baca artikel ini, masih ada jalan kok.
Artikel ini tidak mendiktekan pada anda nutrisi apa yang perlu dimakan dan latihan apa yang perlu dilakukan. Tetapi sebaliknya, kami memberikan anda sebuah kerangka kerja dengan ide dan arahan untuk membuat rencana anda sendiri. Jadi semua perencanaan itu bisa anda sesuaikan dengan kondisi anda.
Mulai Perencanaan Anda Sendiri
Maksudnya disini adalah anda perlu melakukan sesuatu yang tepat untuk anda, bukan untuk orang lain. Anda perlu menemukan pendekatan pada nutrisi dan latihan yang pas dengan kebutuhan spesifik anda, bisa bekerja untuk anda, dan memberikan hasil.
Ini bisa berarti:
1.    Melakukan latihan yang berbeda dengan orang lain. Jika teman-teman anda mengatakan mereka biasanya melakukan aerobik. Mungkin anda sukanya berenang.
2.    Mungkin anda lebih menyukai makanan alami dibandingkan jamu atau lainnya. Misalnya anda membuat salad dengan campuran yang anda suka.
Dengan melakukan yang anda sukai, maka anda bisa menikmatinya dan bisa bertahan cukup lama untuk bisa melihat hasil latihan anda.
Lakukan Latihan Dengan Keras?
Latihan olahraga jelas bisa menguntungkan, ini adalah aspek penting dalam perencanaan anda. Seberapa banyak? Seberapa sulit? Pada tren sekarang ini latihan yang dituntut bagi setiap orang adalah latihan keras. Berlari secepat dan selama mungkin. Padahal jika anda memiliki berat badan yang terlalu berlebih ini tidak baik untuk lutut anda (tapi jangan jadikan ini alasan jika anda hanya lebih gemuk 10-15 kg).
Anda sebaiknya memperhatikan sendi anda. Terutama sendi lutut yang akan menerima beban puluhan atau bahkan lebih dari seratus kilogram. Akan lebih baik jika anda membuat program yang lebih ringan seperti olahraga air (berenang), pilates, angkat beban (cobalah cable rows dengan beban ringan, ini efeknya seperti jogging yang membakar lemak tapi menggunakan tangan), atau juga sepeda statis.
Jadi yang perlu anda ingat adalah, lakukan latihan yang tidak menggunakan keseluruhan beban tubuh dan aman bagi sendi.
Latihan Sit Up Membuat Perut Kecil?
Apakah ini yang masih anda lakukan? Untuk membuat kecil perut anda melakukan sit up puluhan atau ratusan kali? Jika yang anda inginkan adalah membuang lemak diperut dan menjadikan perut lebih ramping, jelas bukan sit up jawabannya. Saya sarankan untuk segera berhenti karena latihan ini juga lebih banyak menarik otot leher yang tidak baik dilakukan terlalu sering.
Segera ganti latihan anda dengan latihan-latihan kardio yang bisa membakar lemak dengan lebih baik dan konsumsi makanan yang sehat.
Penuhi Tubuh Anda dengan Nutrisi
Jika kita sebut latihan adalah penting untuk anda yang memiliki berat badan terlalu berlebih, maka makanan adalah kritikal bagi anda. Ketika anda akan melakukan diet untuk menurunkan berat badan, anda harus mempunyai rencana makan yang bagus. Dengan demikian anda bisa mengendalikan makanan yang akan masuk dan bukannya langsung memotong waktu makan anda dengan tidak makan apapun.
Kami sangat menyarankan anda untuk tidak membabi buta saat melakukan diet ini. Jika anda makan hanya sedikit sekali dan kemudian melakukan olahraga yang berat, jelas yang anda rasakan adalah sakit.
Berhati-hatilah dengan saran para selebritis atau aktris yang mengatakan dalam 2-3 bulan bisa menurunkan belasan atau puluhan kilogram. Mereka biasanya mengorbankan tubuhnya dengan tidak makan atau cara-cara yang ekstrim untuk bisa mendapatkan tubuh yang bagus dalam sekejap.
Saran kami dalam anda membuat rencana diet:
1.    Kurangi porsi makan anda secara bertahap, jangan dikurangi secara drastis. Sebagai dasar yang mudah, bisa anda kurangi sekitar 20% dari porsi makan (sesuaikan kemampuan anda). Kemudian setelah 2 minggu kurangi lagi 10%
2.    Pengurangan yang dilakukan adalah dengan mengurangi porsi yang anda makan, bukan mengubah frekuensi makan dari 3 kali sehari menjadi 2 kali sehari atau malah 1 kali sehari.
SMART
Dalam membuat target dan tujuan apakah anda pernah mendengar istilah ini? SMART adalah singkatan dari:
Specific = Spesifik, jangan mengatakan bahwa tujuan anda ingin kelihatan ramping saja. Buat perencanaan yang jelas dan rinci.
Measureable = Dapat Diukur, tentukan tujuan anda dengan jelas, pastikan berapa kilogram yang ingin anda capai dan tentukan langkah-langkahnya dengan jelas. Seperti makanan yang anda makan dan latihannya.
Achieveable = Dapat Dicapai, buat tujuan yang bisa dicapai dengan mudah terlebih dulu. Jangan langsung membuat yang terlalu sulit karena anda akan putus asa untuk mencapainya.
Realistic = Realistis, Kalau anda mengatakan ingin menurunkan berat badan hingga 20 kg dalam 1 bulan itu tidak realistis. Buat target yang masuk akal.
Timely = Tentukan waktunya untuk mencapai target itu. Misalnya dalam 1 bulan anda ingin turun 5 kg. Maka dengan adanya target waktu itu, setelah 1 bulan anda bisa evaluasi apakah anda mencapai atau tidak. Jika tidak mencapai, kemungkinan apa penyebabnya. Jadi untuk berikutnya anda bisa lebih baik lagi membuat perencanaan diet.

Kelebihan berat badan 30 kg akan sangat berat untuk anda capai jika anda langsung memasang target yang SMART sekalipun. Misalnya anda ingin menurunkan 30 kg dalam waktu 6 bulan. Sebenarnya ini terdengar cukup realistis. Tapi manusia punya satu batas kesabaran. Sebelum mencapai 6 bulan mungkin anda sudah bosan dan merasa gagal.
Karena itu bagi/pecah target anda menjadi target-target kecil. Misalnya, dalam 2 minggu turun 3 kg. Tapi satu saran lagi, jangan memecahnya terlalu kecil. 1 minggu misalnya, mungkin kita belum bisa melihat pencapaian hasilnya. Tapi 2 minggu masih lebih layak untuk dipertimbangkan.
Salam Bugar!
Last Updated on Thursday, 31 December 2009 09:03
 

Comments  

 
0 #2 Mr.Bugar 2012-01-20 00:56
usaha diet yg dilakukan selama ini gmn aja sis?
Quote
 
 
0 #1 fivi rahmadani 2012-01-19 11:39
pengen nyoba diettp gagal trus.........
bantu aku donk untuk nuruni berat badansmpk 20 kg lm wktu 3 buln............ :sad:
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Banner
Banner